Monday, June 27, 2011

Research Niche Untuk Membangun Pyramid Link Building

langsung saja kita mulai. Biasanya saya memilih TEMA/TOPIC terlebih dahulu. Topic disini yang dimaksud adalah topic secara global dan bukan niche. Contoh food,pizza,syrups,motor cycle,acne dll. Dalam contoh kali ini saya akan mengambil sample Costume dan saya harap teman-teman juga sudah mempunyai niche sendiri.

1. Silahkan meluncur ke fasilitas Wonder Wheel dari Google. Caranya, masuk ke Google.com kemudian masukan NICHE anda dan Search. Setelah itu lihat pada menu samping kanan dan cari Wonder wheel. Biasanya ini tersembunyi, untuk melihatnya, klik anak panah kecil disana.


2.Kemudian masukan tema dari blog yang sudah anda pilih tadi. Dalam contoh, ane pilih Costume sebagai niche. Selanjutnya akan muncul beberapa keyword turunan dari topic yang kita research. Untuk niche costume kurang lebih seperti ini:

undefined

3.Kumpulkan niche-niche hasil Wonder Wheel diatas. Untuk niche costume kurang lebih seperti ini:
party city
halloween costume ideas
make your own halloween costume
costume ideas
homemade costume
funny costume
couple costume
costume express
4. Langsung meluncur ke layanan Google lainya yaitu Adwords Keyword Tool.
https://adwords.google.com/o/Targeting/Explorer?__u=1000000000&__c=1000000000&ideaRequest Type=KEYWORD_IDEAS

5. Masukan keyword-keyword hasil Wonder Wheel hasil research diatas dan research. Jangan lupa memberi tanda Check pada opsi "Only show ideas closely related to my search terms" karena kita hanya akan meresearch keywords itu saja.
undefined

6. Selanjutnya akan muncul data-data hasil research. Akan muncul banyak sekali keywword hasil research, namun kita hanya perlu melihat data dari keyword diatas saja dan yang lain bisa di abaikan. Kurang lebih hasilnya seperti ini:
undefined

Oke, dari data diatas pilih satu keyword yang mempunyai data searches paling banyak. Dalam contoh ini adalah Costume Ideas yang mempunyai query search paling besar (1,000,000 untuk Global dan 673,000 untuk Local). Keyword ini adalah keyword yang akan kita jadikan sebagai HOLLY GRAIL (keyword utama/main keyword/puncak piramida). Kenapa yang costume ideas dan bukan costume? Simple, agar lebih spesifik dan mudah nantinya dalam persaingan. Oh ya, sedikit tips, untuk memilih main keyword, usahakan memiliki jumlah searches diatas 1 juta untuk global dan diatas 500.000 untuk Local. Kenapa? agar pada keyword turunannya (Long tail) masih mempunyai traffic yang cukup tinggi. Jangan berfikir dahulu tentang HPK/CPC dahulu, yang penting dalam steps ini adalah traffic karena traffic = $$

7. Lanjut, saat ini kita sudah mempunyai keyword utama, saatnya untuk mencari keyword-keyword untuk mengisi Level 2 di Piramida. Kembali ke Wonder Wheel dan masukan keyword utama anda, dalam contoh adalah "costume ideas" dan hasilnya kurang lebih seperti berikut:
undefined

8. Kumpulkan keywods hasil research diatas. Untuk "costume ideas" kurang lebih seperti ini:
easy costume ideas
halloween costumes ideas
funny costume ideas
couple costume ideas
group costume ideas
celebrity costume ideas
unique costume ideas
Ada satu keyword yang saya hilangkan yaitu "homemade halloween costume ideas" karena untuk keyword yang mempunyai keterkaitan, misal (halloween costumes dan homemade halloween costume ideas (sama-sama mengandung kata "halloween costume")) dapat diambil keyword dasarnya (halloween costume ideas).

Keyword-keyword ini nantinya akan digunakan sebagai pengisi level dua pada Piramida. Keyword ini nantinya juga akan menjadi ketua grup dari masing-masing turunanya. Untuk lebih jelasnya akan saya ulas dibawah. Oh ya, sebenarnya masih banyak keywords yang dapat digunakan untuk mengisi level ini, saya sendiri juga sering mencarinya dengan Google Search biasa. Jadi be creative kuncinya. Untuk Wonder Wheel Google maksimal hanya mampu memunculkan 8 turunan perkeywords.

9. Tahap selanjutnya adalah research untuk bottom dari konstruksi Piramida kita (Level 3). Ini adalah tahap paling menjengkelkan sekaligus melelahkan. Tahap ini bisa berhari-hari karena emang lama. Bagi yang punya software silahkan digunakan, bagi yang nggak punya ya sabar aja. Saya juga manual kok karena koneksi sangat tidak mendukung untuk Software semacam Market Samurai dll.

Masukan keywords diatas (level 2) kedalam Adwords Keywords Tool, tapi masukan satu persatu. Sebagai contoh, saya hanya akan memakain "halloween costumes ideas" untuk bahan percobaan. Hasilnya dapat di cek sendiri karena cukup banyak dan gak akan muat jika di tulis. He. . he. . .he. . . sory ya mas-mas n mbak-mbak semuanya atas ketidaknyamanan ini.

Sedikit tips untuk research niche di level 3 ini:
Hati-hati pada keyword yang sama tapi tak serupa. Contohnya ini:
undefined

Sebenarnya masih ada beberapa, namun karena saya malas, ya hanya itu deh yang bisa saya kumpulkan. Keyword diatas pada dasarnya sama dan jika saya menemui keyword seperti ini, maka saya ambil yang JAMAK saja, dalam contoh ini adalah Homemade Halloween Costumes Ideas (pakai "s"), kenapa? karena keyword jamak sudah terkandung keyword tunggal didalamnya sehingga cakupan searchingnya lebih besar. Maksudnya, jika ada orang searcing dengan keywords jamak (Homemade Halloween Costumes Ideas) biasanya keyword tunggal juga akan terangkut dan jika ada orang searching dengan keyword tunggal (Homemade Halloween Costume Idea), jelas keyword jamak akan terangkut. Sambil menyelam sambil kencing bukan?

Usahakan mencari keyword yang query searchnya 5000 untuk Global dan 3000 untuk Local. Memang sulit, dan ane juga masih sering memberi toleransi sampai dengan 2000 untuk Global dan 1000 untuk Local. hal ini dimaksudkan agar traffic blog anda lebih besar.

Jangan terlalu memikirkan nilai CPC/HPK karena menurut saya traffic lebih penting.Kenapa? ya karena TRAFFIC=EARNING dan itu juga banyak dikatakan master-master disini.

Oke, lakukan proses yang sama pada keyword level 2 lainya. Dan jika sudah, maka akan terbentuk bagan yang kurang lebih seperti ini:
undefined


Oh ya, butuh waktu yang lama untuk menyelesaikan research ini dan mungkin tidak akan pernah selesai karena memang sangat banyak sekali keyword yang dihasilkan. Dan saran saya cukup membuat 10-20 saja untuk tiap turunan dari level 2 agar tidak capek tentunya.

Sampai disini saya rasa sudah selesai untuk tips research niche untuk mengisi piramid di level 1,2 dan 3. Untuk struktur linkingnya disesuaikan dengan yang sudah saya bahas di ebook.

Tips dan trick
Oke, pada sesi ini saya akan coba memberikan tips dan juga trick yang sering saya gunakan saat membangun piramid link ini. Nggak ada trik spesial atau aneh-aneh, hanya trik dan tips biasa dari seorang newbie yang ingin sukses ini.

Penggunaan anchor
Untuk pengunaan anchor gak perlu sesuai dengan keyword yang di target. Klo aku asalkan ada koneksi dikit atau nyerempet juga tak bikin link. Selain untuk menghindari anggapan spamming, random anchor juga bagus untuk menaturalisasi blog agar kelihatan lebih natural he. . he. . .he

Bertahap

Untuk pembuatan link nya lebih baik bertahap. Misal hari ini bikin 5 posting di level 3 untuk group 1, maka besok bikin 5 posting untuk group 2 dan seterusnya. Hal ini dimaksudkan agar posting semakin bervariasi dan memperbesar jaringan linking.

Domain
Biasanya saya menggunakan keyword utama sebagai domain. memang sulit untuk mencari domain yang sesuai niche karena kebanyakan sudah dipakai orang, jadi be creativ saja dalam memilih namna domain dan yang penting keyword harus ada di dalamnya.Sumber Share
allvoices
Privacy Policy - BlogPreneur News Copyright @ 2011 - Theme by NanLimo Canada