Monday, August 30, 2010

Pramuka Siak Kehilangan Seragam

Kehilangan Seragam,Mungkin itulah kata yang tetap di ucapkan untuk gerakan pramuka kwarcab siak. Pramuka yang kegiatannya selalu indentik dengan seragam kini kehilangan identitas. sejak tahun 2003 lalu tepatnya, pemerintah kabupaten siak melalui Dinas Pendidikan menghilangkan/menghapus seragam pramuka dari seraga sekolah. Tak tau entah karena alasan apa atau memang ada aturan baru, seragam pramuka tidak lagi digunakan oleh murid-murid sekolah.
Jadi ketika ada seorang murid/siswa yang ingin bergabung dalam kegiatan pramuka menjadi kesulitan karena tidak mempunyai seragam, sehingga jika mereka ingin mengikuti kegiatan pramuka harus membuat seragam terlebih dahulu. Memang kegiatan pramuka itu tidak tergantung pada seragam. tetapi dengan adanya seragam pramuka memudahkan seseorang untuk bergabung tanpa harus pusing-pusing lagi memikirkan mebuat seragam baru
Sejak dihapusnya penggunaan seragam pramuka di sekolah, sedikit banyak telah menjadi salah satu mundurnya kegiatan pramuka di kwarcab siak, meskipun banyak faktor lain seperti, kurangnya kaderisasi,organisasi yang tidak jalan dan satu hal yang tak mungkin ditutupi lagi yang sudah menjadi rahasia publik yakni Koruspi yang bukan main.
Dengan dihapusnya penggunaan seragam pramuka disekolah menambah lagi derita gerakan pramuka kwarcab siak. Disaat kegiatan pramuka begitu di banggakan dan dipehatikan di kabupaten lain, dikabupaten siak malah di telantarkan seolah-oleh ada mati suri. dalam tahun 2010 ini hampir tidak ada kegiatan yang dilaksanakan kwarcab siak, kalau pun ada kegiatannya bukanlah kegiatan yang dapat meningkatkan semangat dan kualitas anggota pramuka kabupaten siak melainkan hanya kegiatan pastisipasi.
Seharusnya kabupaten siak mampu berbuat lebih banyak untuk membangkitkan pramuka sperti kabupaten lainnya, karena untuk anggaran kabupaten siak merupakan kabupaten yang kaya setelah kabupaten bengkalis. tapi sayangnya anggran yang ada hanya digunakan dan dirasakan oleh segelintir pengurus. Dan saat ini banyak kwarran di kwarcab siak yang kosong kepemimpinannya.entah itu karna masa jabatannya habis atau karna ketuanya pindah tugas.
Dengan keadaan yang sangat memprihatinkan ini seharusnya sudah saatnya lah pemerintah kabupaten siak memberikan perhatian kepada gerakan pramuka kabupaten siak. sudah saat nya Dinas Kaputen siak kembali memasukkan seragam Pramuka ke dalam seragam wajib sekolah.karna dikabupaten lain sergam pramuka tidak saja digunakan oleh murid sekolah, melainkan juga dipakai oleh instansi pemerintahan, slah satu contohnya kabupaten pelalawan.
Semoga kedepannya hal ini menjadi perhatian semua pihak baik itu pihak kwarcab dan kwarda maupun pihak kabupaten dan provinsi.
Share
allvoices
Privacy Policy - BlogPreneur News Copyright @ 2011 - Theme by NanLimo Canada